Tugas UAS “TEKNOLOGI PENDIDIKAN”

Nama: Siti Ariani Haji

Nim: 11.2.3.147

Jur/Prodi: Tarbiyah/ PAI 2

Semester: IV (Empat)

Email: shity_ariani@yahoo.com

MyBlog: sitiariani.wordpress.com

RESUME PEMBAHASAN  TEKNOLOGI PENDIDIKAN

MULAI DARI KELOMPOK 1 – 10

1)      Landasan Falsafah Teknologi Pendidikan

Landasan filosofis yang dapat dikaji melalui tiga kajian filsafat yaitu ontologi yang mewakili pertanyaan ”apa?” atau ”mengapa?”, epistimologi yang mewakili ”bagaimana?”, dan aksiologi ”untuk apa?”.Pandangan ontologi ini secara praktis akan menjadi masalah utama di dalam pendidikan. Sebab, siswa (peserta didik) bergaul dengan dunia lingkungan dan mempunyai dorongan yang kuat untuk mengerti sesuatu. Oleh karena itu teknologi pendidikan dalam posisi ini sebagai bagian pengembangan untuk memudahkan hubungan siswa atau peserta didik dengan dunia lingkungannya. Peserta didik, baik di masyarakat atau di sekolah selalu menghadapi realita dan obyek pengalaman.Pandangan epistemologi tentang pendidikan akan membahas banyak persoalan-persoalan pendidikan, seperti kurikulum, teori belajar, strategi pembelajaran, bahan atau sarana-prasarana yang mengantarkan terjadinya proses pendidikan, dan cara menentukan hasil pendidikan.Sedangkan M. Arif menyatakan bahwa Aksiologi (untuk apa) yaitu merupakan asas dalam menggunakan pengetahuan yang telah diperoleh dan disusun dalam tubuh pengetahuan tersebut. Landasan pembenaran atau landasan aksiologis teknologi pendidikan perlu dipikirkan dan dibahas terus menerus karena adanya kebutuhan riil yang mendukung pertumbuhan dan perkembangannya.

 

2)      Pengertian dan Konsep Teknologi Pendidikan

Pengertian Teknologi Pendidikan adalah proses kompleks yang terintegerasi meliputi orang, prosedur, gagasan, sarana dan organisasi untuk menganalisa masalah dan merancang. Melaksanakan, menilai dan mengelola pemecahan masalah dalam segala aspek belajar manusia.

Konsep teknologi pendidikan adalah suatu alat yang yang dapat mempermudah dan membantu segala proses dalam belajar mengajar secara sistematis.

 

3)      Kawasan Teknologi Pendidikan

  1. Kawasan Desain
  2. Kawasan Pengembangan
  3. Kawasan Pemanfaatan
  4. Kawasan Pengelolaan
  5. Kawasan Penilaian

 

4)      Teknologi pendidikan konstruk teoritik bidang garapan dan profesi

Teknologi pendidikan  konstruk teoritik yaitu pandangan yang berbeda-beda dari pemikiran-pemikiran ilmuan/ pakar teknologi pendidikan. Konstruk teoritik ada yang konkrit ada juga yang abstrak. Yang konkrit berbicara dengan sesuatu yang memang sudah terlaksana seperti contohnya kurikulum, sedangkan yang abstrak yaitu rencana, bentuk, atau model pembelajaran yang efektif. Bidang garapan teknologi pendidikan aplikasi dan teori-teori, ide dan juga prinsip. Pemecahan masalahnya yaitu terletak pada profesi atau para pelaksananya.

 

5)      Disiplin ilmu yang mendukung perkembangan teknologi pendidikan

Diantaranya yaitu landasan falsafahnya yakni ontology (apa), epistimologi (untuk apa) dan aksiologi (bagaimana) itu sangat di perlikan untuk menjawab permasalahan-permasalahan didalam teknologi pendidikan, kemudian komunikasi yang mempermudah jalannya teknologi pendidikan, adapun Macam-macam disiplin ilamu yang mendukung perkembangan TP:

  1. a.       llmu Perilaku
  2. b.      llmu Komunikasi
  3. c.       ilmu Sosiologi
  4. d.      Ilmu Filsafat

 

6)      Hakikat teknologi pendidikan

Hakikat teknologi merupakan suatu  proses integral  yang meliputi manusia, prosudur, ide-ide peralata dan organisasi, dalam menganalisis  masalah serta merancang, melaksanakan , menilai dan mengelola pemecahan masalah itu yang berhubungan dengan  segala aspek  belajar manusia (Yusuf hadi Miarso.1984).

 

7)      Aplikasi teknologi pendidikan di era globalisasi

Semua aplikasi yang diciptakan manusia pasti ada tujuannnya, yaitu untuk memudahkan manusia. Dan itu sangat erat dengan dunia pendidikan yang memutuhkan teknologi pendidikan dengan aplikasi-aplikasi yang dimilikinya untuk memudahkan proses pembelajaran.

 

8)      Masalah-masalah dan solusi dalam teknologi pendidikan

Didalam dunia pendidikan tidak menutup kemungkinan pasti ada masalah-masalahyang timbul pada saat proses pembelajaran, seperti contoh ketika ada seorang guru yang memberikan materi hanya materi tanpa penjelasan maka itu tidak efektif maka itulah permasalahannya. Dan apabila seorang guru tidak bisa menerangkan materi dengan metode yang sudah ada berarti pada saat itu juga sudah hilang teknologi didalam pendidikan. Solusinya, bagaimana seorang guru berusaha semaksimal mungkin untuk merangsang kemauan belajar peserta didik dengan metode yang sudah ada di dalam dunia pendidikan. Contoh lain,Gambar atau foto adalah salah satu media teknologi yang cukup bagus digunakan sebagai media dalam praktek pendidikan. Hal itu karena gambar atau foto memiliki kelebihan seperti sifatnya konkrit, gambar dapat mengatasi batas ruang dan waktu, dapat memperjelas satu masalah, dan mudah didapatkan. Namun sayangnya gambar juga memiliki kelemahan, di antaranya gambar hanya menekankan persepsi indera penglihatan, gambar yang terlalu komplek tidak efektif ketika digunakan dalam dalam sistem pembelajaran, ukurannya sangat terbatas untuk kelompok besar. Untuk itu maka harus ada filterisasi di situ, dan tentu mekanisme software teknologi pendidikan diperlukan untuk mengoptimalkan guna gambar atau foto yang digunakan. Software menyaring gambar atau foto yang akan digunakan. Solosinya, dengan menetapkan syarat-syarat berikut misalnya, software dalam teknologi pendidikan berperan; dengan mengklasifikasikan bahwa gambar yang dapat digunakan sebagai media pendidikan adalah yang autentik. Gambar yang menceritakan apa adanya satu peristiwa. Kemudian juga, gambar itu harus sederhana, apalagi jika siswa yang diajar masih dalam tingkatan bawah seperti siswa SD atau Taman kanak-kanak.

 

9)      Multimedia pembelajaran Berbantuan computer

 Penggunaan multimedia ini berpijak pada teori belajar konstruktivistik, yang memandang kegiatan belajar harus terpusat pada peserta didik karena kendali belajar sepenuhnya ada pada peserta didik itu sendiri. Multimedia pembelajaran berbantuan komputer adalah salah satu media pembelajaran yang mengutamakan keaktifan dan kemandirian bagi peserta didik dan juga menjadikan peserta didik sebagai subjek belajar, sedang peranan pengajar hanya sebagai fasilitator.

 

10)  Multiple Intelegences dalam pembelajaran berbantuan computer

Media pembelajaran berbasis computer atau biasa disebut pembelajaran berbantu computer  adalah salah satu media pembelajaran yang sangat  menarik dan mampu meningkatkan motivasi belajar perserta didik. Pengguna computer sebagai media pembelajaran inter aktif dapat diwujudkan dalam berbagai bentuk diantaranya program computer –assisted learning.
 Program pembelajaran berbantu computer ini menmanfaatkan seluruh kemampuan computer, terdiri dari gabungan hampir seluruh media, yaitu teks, grafis, gambar, foto, audio, video, dan animasi. Seluruh media tersebut secara konvergen, akan saling mendukung dan melebur menjadi satu media yang luar biasa kemampuanya.

 

$pkš‰r’¯»tƒtûïÏ%©!$#(#þqãZtB#uäbÎ)óOä.uä!%y`7,ř$sù:*t6t^Î/(#þqãY¨t6tGsùbr&(#qç7ŠÅÁè?$JBöqs%7’s#»ygpg¿2(#qßsÎ6óÁçGsù4’n?tã$tBóOçFù=yèsùtûüÏBω»tRÇÏÈ

Artinya:

Hai orang-orang yang beriman, jika datang kepadamu orang Fasik membawa suatu berita, Maka periksalah dengan teliti agar kamu tidak menimpakan suatu musibah kepada suatu kaum tanpa mengetahui keadaannya yang menyebabkan kamu menyesal atas perbuatanmu itu..

 

Hadits yang bersangkutan dengan Teknologi pendidikan

Atinya:

Diwajibkan atas Muslim laki-laki dan muslim perempuan wajib untuk menuntut ilmu

(H.R Muslim)

 

Saya mengambil surat al-hujurat ayat 6 menjadi dalil di dalam teknologi pendidikan karena           Q.S al-Hujurat ayat 6 isi kandungannya yaitu mengenai pendidikan informasi, apabila kita mendapatkan suatu informasi, maka informasi yang kita dapatkan harus diteliti kembali. Begitupun di dalam teknologi pendidikan teknologi yang kita pakai di dalam pendidikan haruslah kita uji kembali agar bisa mengena ketika kita menjadi seorang pengajar.

 

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s